Kuota Haji Dipangkas, 1622 Calhaj Banten Ditunda Keberangkatannya

June 26, 2013 at 11:20 am

Sumber: Banten Today

Bantentoday – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten memperkirakan sebanyak 1.622 calon jemaah haji (calhaj) Provinsi Banten tahun 2013 akan mengalami penundaan keberangkatan ke tanah suci.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten Iding Mujtahidin mengatakan, penundaan keberangkatan haji ini hanya bersifat sementara, dan berlaku hanya tahun 2013. Karena kebijakan pengurangan kuota haji 2013 ini sebesar 20 persen, berdasarkan permintaan pemerintah Arab Saudi. Alasan pengurangan haji ini, dikarenakan adanya renovasi dan perluasan di Masjidil Haram. Awalnya pembangunan tersebut ditargetkan sampai bulan Syaban, sudah rampung, namun ternyata sampai saat ini belum selesai.

“Sehingga untuk menjaga keselamatan, ketertiban, dan kenyamanan jemaah haji, jadi ada pengurangan jumlah haji. Pengurangan jamaah haji ini tidak berlaku di Indonesia saja, tapi di seluruh dunia,” katanya.

Menurut Iding, untuk regulasi penundaan calon jamaah haji ini pihaknya, masih menunggu aturan dari Kementerian Agama. Namun, wacana sementara yang berkembang saat ini, calon jamaah haji yang akan terkena penundaan keberangkatan diantaranya haji regular, haji ONH plus, termasuk petugas yakni TPHD, TKHI, TPHI, dan TPHI semuanya dikurangi 20 persen.

“Kemungkinannya pemotongan atau penundaan itu sesuai nomor urut dan waktu pendaftaran haji. Misalkan untuk keberangkatan tahun ini pendaftaran dari Januari sampai Desember, nanti yang diambil 20 persen itu kemungkinan yang mendaftar di bulan Desember,” terangnya.

Iding menerangkan, kuota haji Banten sebanyak 8.541 orang, dikurangi sebanyak 427 orang yang tidak melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Sehingga berjumlah 8.114 orang. Maka, sebanyak 8.114 orang dikurangi 20 persen.

“Artinya, ada sekitar 1.622 orang tersebut akan mengalami penundaaan keberangkatan,” terangnya.

Iding menambahkan, dengan adanya pemotongan kuota haji tersebut akan berdampak terhadap biaya yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah, karena kontrak untuk pembiayaan, maktab, catering dan juga percetakan buku manasik haji sudah dilakukan kontrak sesuai jumlah kuota haji 2013 dan sebagian sudah dibayarkan oleh pemerintah.

“Keputusan pastinya nanti setelah hasil kunjungan Pak Menteri Agama dan juga DPR ke Pemerintah Arab Saudi. Kami berharap calon haji tetap bersabar dan tidak perlu resah karena ini urusan ibadah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Kemenag Provinsi Banten Chuzaemi Abidin menambahkan, rencananya Kanwil Kemenag Provinsi Banten akan mengumumkan secara resmi calon jamaah haji Banten yang akan terkena penundaan keberangkatan.

“Kita akan umumkan pada Jum’at, (28/6) Juni, calon jamaah haji yang akan terkena pengurangan,” katanya.(dik)

 

KONTAK KAMI

afdal_calegdprPKS_dapilbanten2_nourut4

CALEG SEMENTARA DPR RI DARI PKS, DAPIL BANTEN II
(KOTA CILEGON, KOTA SERANG, DAN KABUPATEN SERANG) 
NO URUT 4 (EMPAT)

HP/WhatsApp +62811883102
BB pin:25B1F057
Twitter: @afdalzikri
Email: afdalzikri@gmail.com